Ide Awal Buku “Kisah Seru Liburan”

Alhamdulillah, buku “Kisah Seru Liburan” telah resmi terbit. Kini, buku yang saya tulis itu sudah tersedia di seluruh Gramedia.
Bagaimana sih, hingga akhirnya terpikir untuk membuat buku ini?
Saya selalu menjawab bahwa ide adalah anugerah dari Allah SWT. Saya yakin, banyak orang yang mengalami pengalaman seperti saya, tapi tak semuanya diberi ide. Dan dari beberapa yang diberi ide itu, hanya sedikit yang langsung mewujudkannya menjadi sebuah karya.

image

Awal tercetusnya ide untuk membuat buku ini, karena saya merasa sedih melihat kelakuan beberapa anak di sekitar rumah. Bila masa libur tiba, yang mereka lakukan adalah bermain petasan, yang justru sering mengganggu.
Beberapa anak yang lainnya, saya lihat sering keluar bergerombol di malam hari. Jalan-jalan tak jelas tujuannya, atau biasanya bermain game online di warnet hingga tengah malam.
Sebagian lagi lebih menyedihkan. Duduk-duduk bergerombol sambil bernyanyi mengikuti lagu dari hape. Lagunya sudah pasti lagu dewasa bertema cinta. Padahal anak-anak itu masih berusia sekitaran murid SD.
Saya pikir, seharusnya mereka bisa melakukan kegiatan yang lebih positif untuk mengisi waktu liburan. Ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan dan tak perlu mengeluarkan biaya.
Jika mereka adalah anak-anak yang gemar bermain bersama teman, mereka bisa bersepeda bersama. Dulu, saya kerap melakukannya jika waktu libur tiba, dan itu sangat mengasyikkan. Atau, cobalah melakukan permainan atau olahraga seperti bermain kasti. Selain tubuh menjadi sehat, hubungan pertemanan juga semakin terjalin.
Jika termasuk anak yang senang di rumah, orang tua bisa turut andil memberi kegiatan yang positif. Misalnya dengan kemping di halaman belakang. Meski sederhana, tapi saya jamin kegiatan ini akan sangat seru. Bisa juga orang tua mengajak anak belajar membuat kue. Bahkan, meminta anak-anak untuk mencuci sepatu dan tas pun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak sekaligus mendapat dampak positif. Yaitu saat masuk sekolah nanti, tas dan sepatu mereka sudah bersih.
Para orang tua juga bisa mengajak anak-anak untuk merasakan pengalaman baru. Misalnya saja dengan mengikutkan mereka pada latihan karate, belajar naik kuda, atau mencoba bermain anggar.
Bila orang tua ingin mengajak anak berjalan-jalan namun tak ada biaya, ada banyak tempat murah meriah yang bisa dikunjungi. Misalnya saja, pasar malam yang selalu ada setiap musim liburan. Coba juga bermain ke hutan kota. Jangan lupa membawa bekal, agar bisa merasakan nikmatnya makan bersama di alam terbuka. Bahkan mengajak anak ikut berbelanja ke pasar pun, bisa menjadi pengalaman yang menarik.
Dari yang saya sebutkan di atas, ternyata ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan saat anak-anak libur. Hal itulah yang saya tuangkan ke dalam buku “Kisah Seru Liburan”. Bahwa hal-hal seru ada di sekitar kita. Tak perlu berlibur mahal ke luar negeri untuk mendapatkannya.
Di dalam buku “Kisah Seru Liburan”, anak-anak memang diajak merasakan serunya liburan jika diisi dengan berbagai kegiatan positif. Ditambah dengan gambar-gambar yang indah di setiap halaman, membuat anak akan senang membacanya.
Buku “Kisah Seru Liburan” memang bertujuan menginspirasi para orang tua dan anak, agar mau mengisi liburan dengan berbagai kegiatan seru yang menyenangkan.
Ya, berlibur adalah hak anak-anak. Maka kita harus memberikan kegembiraan pada mereka di saat liburan.
Tapi liburan yang menggembirakan, tak melulu harus mengeluarkan biaya besar. Sempatkan waktu untuk menemani mereka mengisi hari-hari libur. Agar saat dewasa nanti, mereka dapat mengingatnya sebagai kenangan manis.

3 responses to “Ide Awal Buku “Kisah Seru Liburan”

  1. Bagus sekali ide ceritanya mbak.. bermanfaat. Semoga menginspirasi orang lain untuk memanfaatkan liburang anak-anaknya dengan baik 🙂

  2. Kreatif Idenya Mbak Annisa. Saya suka kalimat terakhirnya : memberi kenangan manis buat anak-anak kita..ihiks…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s