Serunya Female Daily Blogger Workshop with Lenovo

Hari Sabtu, 20 September kemarin, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti blogger workshop. Bagi seorang ibu dengan dua anak seperti saya, tentu saja bisa keluar rumah seperti ini adalah sesuatu yang sangat berharga. Jadi, saya gak ingin menyia-nyiakannya. Apalagi, workshop ini diisi oleh para pembicara yang sudah ahli banget di bidangnya. Maka selama workshop berlangsung, saya benar-benar berusaha mantengin biar bisa mendulang ilmu sebanyak-banyak. Eh, gak saya sendiri, sih. Saya rasa peserta yang lain juga seperti itu. Terlihat dari betapa antusiasnya mereka bertanya pada para pembicara.
Acara workshop yang diselenggarakan oleh Female Daily kemarin memang berlangsung dengan sangat seru. Gak terasa bosan, deh. Waktu juga terasa cepaaat banget saking asyiknya. Apa aja sih, materi yang diberikan di workshop kemarin? Yuk, kita bahas. 😉

image

Sesi 1
Pembicara :
Hanifa Ambadar (CEO Female daily Network)
Fifi Alvianto (Editor in Chief Laiqa Magazine)
Saphira Zoelfikar (Travel Blogger)
Marischka Prudence (Travel Blogger)
Sesi pertama ini berlangsung seruuu banget. Bayangin aja, empat orang perempuan gape masalah blogger, ngumpul buat ngasih materi. Kebayang dong, gimana antusiasnya para peserta workshop.
Saya sangat terkesan dengan cerita Mba Fifi yang memeluai semuanya dari nol. Saya kagum dengan semangatnya. Begitu pula dengan Mba Saphira yang mempunyai Indohoy.com bermula dari keprihatinannya pada sulitnya mendapatkan info tentang tempat wisata di Indonesia. Mba Pru malah memilih keluar dari kerja dan menjadi blogger. Beliau selalu menyebarkan semangat untuk traveling di berbagai media sosial, juga menjadi kontributor untuk situs dan majalah. Tentu saja Mba Hani gak kalah mengagumkan. Bermula dari blog pribadi di tahun 1999, lalu menjelma menjadi komunitas perempuan terbesar di Indonesia dengan 170.000 member. Wow, keren banget gak sih?

image

Berikut beberapa poin yang dianjurkan oleh para pembicara untuk kemajuan  blog :
– Spesifik, makin khusus yang dibahas di dalam blog kita, maka akan semakin bagus.
– Konsisten, isi terus blog. Kita harus punya target. Misalnya 5 postingan dalam satu minggu.
– Tujuan, kalau mulai malas, ingat lagi apa yang ingin kita dapat melalui blog ini. Kalau memang kita ingin blog kita menjadi sesuatu yang menghasilkan, kita harus bekerja keras dan gak boleh malas. Tau gak? Yang ini tuh jleb banget buat saya yang malas. *lirik isi blog
– Buat blog kita memiliki sesuatu yang bernilai, menginspirasi, dan jangan copy paste. *setujuuu!
– Balas komen, hal ini akan membuat pengunjung blog merasa dihargai.
– Pasang statistik, ini akan membantu jika ada perusahaan atau pihak lain yang ingin bekerjasama dengan blog kita.
– Menjadikan diri kita brand, kita harus bersikap, bertindak, dan berucap yang baik agar saat orang mendengar nama kita, orang bisa mempercayai kita. Tentu saja, blog kita harus berisi kata-kata yang baik, jangan kata yang kasar atau makian.
– Buat blog yang bagus, sajikan hanya yang bagus, sehingga blog kita bisa menjadi terkenal.
– Mengambil keuntungan dari media sosial, kita bisa menginformasikan jika ada postingan yang baru di blog kita melalui media sosial.
– Aktif, kita harus membangun hubungan dengan para pengunjung blog kita. Misalnya dengan balas mengunjungi blognya dan memberi komen pada postingannya.
– Worksmart and workhard, untuk bisa sukses di dunia blogger, kita harus bekerja secara pintar, juga bekerka dengan keras dan jangan malas.

Sesi 2
Pembicara :
Emily Quak (Beauty Blogger)
Simon Torring (Head of Content Luxola)

image

Sekarang ini, hampir semua orang mencari informasi melalui internet. Hal ini terjadi karena kesibukan dan kurangnya waktu, sehingga orang ingin mendapatkan informasi dengan cara yang mudah.
Jadi, bila kita serius dan mau bekerja keras, sangat memungkinkan bila blog kita akan menjadi sesuatu yang menghasilkan uang.
Selain itu, kita juga harus jujur. Bila kita mereview suatu produk misalnya, tulislah dengan jujur apa saja manfaat yang kita rasakan. Jangan terlalu membagus-baguskan, padahal kenyataannya tak seperti itu. Hal ini akan membuat informasi yang kita berikan palsu. Lebih parahnya, akan membuat pengunjung blog kita tidak percaya lagi kepada kita.

Sesi 3
Pembicara :
Ricky Tjok (Online Campaign Manager Google Indonesia)

Menurut Ricky, diperlukan beberapa tools untuk membuat blog kita semakin baik. Selai  itu, kita juga harus mencari tahu siapa saja pengunjung blog kita. Hal ini akan menjadi info yang sangat bermanfaat, sehingga kita bisa menentukan perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan untuk blog kita.

How to write attractive content
Pembicara :
Leila Safira (Chief Community Officer CLEO Indonesia)

image

– Know your readers, ketahui betul pada siapa kita berbicara
– Menulis apa yang benar-benar kita ketahui.
– Buat struktur tulisan dengan sedikit intro, lalu detail, dan terakhir adalah conclusion.
– Tuliskan apa yang ingin disampaikan dengan jujur.
– Beri judul yang menarik.
– Gunakan bahasa yang baik.
– Tidak perlu terlalu panjang, tapi informatif dan menarik.

Nah, itu semua ilmu yang saya dapat dari blogger workshop bersama female daily. Banyak buangetsss, kan? Semoga bisa membuat kita semua semakin pandai dalam dunia perblogingan. 🙂

4 responses to “Serunya Female Daily Blogger Workshop with Lenovo

  1. Kalau aku balas komen untuk sesuatu hal yang penting, kalau enggak ada yang perlu dibalas yang enggak dibalas, cukup kunjungan balik. Malah saya sangat dihargai kalau dikunjungi balik daripada cuma dibalas komen 😀

  2. Wah..banyak ilmu yang di dapat dari acara ini ya…terima kasih udah share mbak…bermanfaat sekali..

  3. wah senangnya bisa ikutan workshop. aku telat daftar soalnya hehehe…
    salam kenal yaa. keep blogging 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s