Pentingnya Promosi Buku

Apa tugas seorang penulis?
Tentu saja menulis. Namun ada satu kegiatan yang juga menjadi kewajiban bagi penulis, yaitu promosi.
image

Kenapa harus promosi?
Sebenarnya, promosi gak selalu berarti pamer atau sok keren. Promosi buku dilakukan karena ada beberapa alasan, yaitu:
1. Supaya orang tahu bahwa ada buku yang terbit, dan buku itu adalah karya kita.
2. Isi buku kita bagus dan mengajak pada kebaikan. Jadi, semakin banyak orang yang tahu, tentu semakin banyak orang yang diajak pada kebaikan.
3. Isi buku kita bisa saja menjadi suatu solusi bagi masalah yang dimiliki oleh pembaca. Jadi, semakin banyak yang tahu, tentu akan semakin terbantu.
4. Penerbit sudah mengeluarkan biaya yang besar untuk mencetak satu judul buku. Jadi, sudah kewajiban kita untuk membantu mempromosikan agar penjualannya baik.
5. Kita mengerjakan buku tersebut dengan memeras otak, begadang dan bekerja keras. Jadi, alangkah mubazirnya jika buku yang sudah dibuat dengan susah payah itu tak ada yang membaca. Bukan karena isinya jelek, tapi karena mereka tak tahu keberadaan  buku ini. Dan semua ini terjadi karena penulis tak mau mempromosikan bukunya.

image

Bagaimana saja sih, bentuk promosi buku?
Selama ini, setidaknya ada 3 macam promosi yang saya lakukan. Yaitu:
1. Promosi di Facebook dan twitter, mengabarkan kalau buku saya sudah terbit,
2. Mengadakan kuis untuk teman-teman di Facebook,
3. Mengadakan promo di radio

image

Jadi, yuk, promosikan buku kita!
Nggak perlu malu, nggak perlu merasa minder.
Beberapa buku yang isinya buruk saja, dipromosikan besar-besaran. Masa, buku kita yang isinya kebaikan, malah nggak dipromosikan? 🙂

2 responses to “Pentingnya Promosi Buku

  1. benerr mbaa, akupun begitu komik Mak Iris terbit langsung promo dimana-mana, moga ga pada eneg liatnya hihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s