Serunya Meet Up Blogger Muslimah

Bismillah…
Ahad, 27 Agustus kemarin, alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti acara meet up Blogger Muslimah. Acara ini diadakan di Apartemen Menteng Square, tepatnya di Nutrifood Inspiring Center.

Sebagai ibu dari 3 anak, bukan hal yang mudah untuk mengikuti suatu acara dari pagi hingga sore. Maka kehebohan pun sudah dimulai dari pagi, dengan menitipkan anak-anak kepada Mama. Sedikit rayuan, cium dan peluk anak-anak, lalu langsung cuss melaju di atas dua roda diantar suami.

Belum sampai di tempat, saya sudah dibuat bingung. Lho, kok, sekarang jalannya jadi satu arah? Berbeda dengan keadaan jalan semasa saya masih kuliah. (Ya iyalah…)

Ketika akhirnya sampai di Menteng Square, saya kembali bingung mencari lokasi acara. Karena ternyata, Pak Satpam juga tidak tahu mengenai acara ini. Beruntung saya bertemu seorang Mbak, yang kemudian saya tahu bernama Denik.

Akhirnya dibonceng Mbak Denik masuk ke area Menteng Square. Semua lancar? Oh, tidak. Ternyata saya lupa kalau makanan yang saya bawa untuk potluck masih menggantung manis di stang motor suami. Buru-buru telepon suami, dan memintanya kembali ke tempat saya diturunkan tadi.

Fyuh… Selesai dengan semua itu, saya dan Mbak Denik berjalan menyusuri pertokoan. Ini yang mana tempatnya, ya? Bersyukur saat itu bertemu Mbak Iecha yang tahu lokasi acaranya.

Ya ampuuun, rempong banget, ya. Hehe… Kenapa sih, saya mau bersusah-susah untuk ikut acara ini?

Niat awalnya, karena ingin belajar ngeblog. Karena pengetahuan saya tentang blog masih minim sekali. Eeeh, ternyata acara ini jadi semakin keren dengan adanya banyak sponsor, yaitu:

  • Gogobli Indonesia
  • MargaW
  • She Collection
  • Heejou Bag
  • dan tentu saja Nutrifood Inspiring Center

Yup, sampailah saya di Nutrifood Inspiring Center. Menurut info, NIC ini adalah coworking space untuk stakeholders, rekan media, komunitas, dan karyawan. Selain itu, NIC juga menyediakan free drink yang menyehatkan, lho.

Kesan pertama yang saya dapat adalah suasana yang nyaman dan bersih. Selain itu, desain interior yang menarik membuat para peserta langsung asyik berfoto-foto. Yaaa, termasuk saya. Hehe…

Langsung foto bersama Mbak Denik. 🙂

Setelah mendaftar, saya mendapat bantalan jarum pentul yang berbentuk cupcake dari She Collection. Iiih, cute banget.

Imut kan saya eh, bantalan jarum pentulnya

Acara pun dimulai. Mbak Liswanti sebagai MC, mempersilakan peserta untuk memperkenalkan diri. Selain itu, Mbak Liswanti juga menanyakan kabar blog para peserta. Yang ternyata, banyak yang sudah dipenuhi sarang laba-laba alias lama tak diisi. Inilah tantangan ngeblog, yaitu harus disiplin dan konsisten.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan dari Uni Novia Syahidah Rais sebagai founder dari Blogger Muslimah. Ternyata, komunitas yang didirikan pada 1 September 2014 ini pernah melakukan kunjungan ke kantor redaksi Majalah Ummi.

Uni Novia memperkenalkan Blogger Muslimah

Selanjutnya, Mbak Rahmadiyanti Rusdi yang merupakan redaktur penerbit Noura Books, memberi materi seputar dunia penerbitan. Meski dibawakan dengan santai, tapi sesi ini seru dan penuh akan pengetahuan.

Mbak Dee membawakan materi dengan santai dan ceria

Mbak Dee, begitu sapaan akrab beliau, menceritakan alur bagaimana perjalanan sebuah naskah sampai akhirnya bisa diterbitkan.

Beliau juga memberikan tips menembus penerbit, yaitu:

  • Memiliki hal-hal baru yang menarik perhatian publik
  • Punya kejelasan segmen buku yang ditulis
  • Kualitas penulisan, sistematis, aktual
  • Buat sinopsis yang menarik + daftar isi + 3 bab awal
  • Amati tren buku dengan sering mengunjungi toko buku

Acara semakin seru saat memasuki sesi beauty class dari Viva Cosmetics.

Ibu Indah, sebagai Kepala Unit Hubungan Konsumen Viva Cosmetics, menjelaskan banyak hal tentang kosmetik. Bahwa sebelum membeli kosmetik, kita harus mengenali jenis kulit kita. Sehingga kita bisa membeli kosmetik yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Menurut beliau, asalkan kulit sehat, hanya memakai bedak yang murah pun akan terlihat cantik.

Ibu Indah memberi penjelasan tentang kosmetik

Viva sendiri merupakan produk kosmetik yang sangat terkenal. Perusahaan ini sudah bertahan selama 55 tahun. Rahasianya, bukan hanya harga yang murah, namun juga produk berkualitas yang menggunakan bahan-bahan alami, dan disesuaikan untuk kebutuhan kulit di alam tropis.

Saat beauty class ini, ada yel-yel yang sangat saya suka;

Aku sehat, aku cantik, aku bahagia

Ya, sebagai perempuan kita memang harus sehat dan cantik, sehingga kita bisa merasa bahagia. Kecantikan yang terpancar dari jiwa yang bahagia, pasti terlihat lebih bersinar.

Before and after beauty class

Seperti ini urutan merias wajah saat beauty class kemarin:

  1. Membersihkan mata dan bibir
  2. Membersihkan wajah dengan milk cleanser dan face tonic yang disesuaikan dengan jenis kulit wajah
  3. Memakai pelembab sesuai jenis kulit
  4. Memakai eye base gel untuk kelopak mata
  5. Memakai foundation
  6. Memakai bedak yang warnanya setingkat lebih muda dari warna kulit wajah
  7. Memakai lipstik
  8. Memakai eye shadow dengan warna terang di bawah tulang alis, lalu warna yang lebih gelap (atau senada dengan warna baju) untuk di bawahnya. Saya memilih warna bata untuk kesan natural.
  9. Memakai blush on yang arah sapuannya disesuaikan dengan bentuk wajah.
  10. Membentuk alis dengan pensil, atau cukup dirapikan dengan sikat alis jika alis sudah tebal.
  11. Memakai eye liner

Selanjutnya para peserta beristirahat untuk shalat dan makan. Meski dengan sistem potluck, tapi saya cukup merasa kenyang. Karena para peserta membawa makanan yang beragam dan cukup banyak.

Acara selanjutnya adalah materi dari Uni Novia tentang dasar menulis fiksi. Beliau menjelaskan bahwa meskipun cerita yang ditulis berupa fiksi, namun harus tetap memakai logika yang baik.
Uni Novia membahas tentang unsur-unsur intrinsik di dalam karya fiksi, yaitu:

  • Pesan
  • Konflik
  • Penyelesaian
  • Fokus
  • Klimaks
  • Logika

Selain itu, ada juga unsur-unsur ekstrinsik berupa:

  • Keadaan subjektivitas individu pengarang.
  • Kondisi masyarakat suatu daerah berupa pandangan hidup, ekonomi, politik, dan sosial.
  • Berbagai karya seni lain, dan sebagainya.

Akhirnya, sampailah di akhir acara. Panitia mengumumkan para pemenang lomba di twitter, instagram, dan facebook. Saya bersyukur karena berhasil menjadi pemenang lomba “membuat kalimat pembuka” yang diposting di facebook.

Yeaayyy menang…!

Kegembiraan tak cukup sampai di situ. Para peserta juga mendapat paket kosmetik dari Viva Cosmetics. Isinya berupa body butter, perfect look CC foundation, perfect look cover up, bright and beauty compact powder, dan perfect matte lip colour.

Acara pun ditutup dengan foto bersama dan saling bersalaman. Semoga bisa bertemu di acara Blogger Muslimah selanjutnya. Hmmm, tak sabar rasanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s